Au Pair – Banyak jalan menuju Paris..

 

Apa sih yang dimaksud dengan “Au Pair”?

Au Pair ( bahasa Prancis)  yang memiliki arti ‘setara dengan’.

Au Pair merupakan salah satu program pertukaran kebudayaan dimana biasanya pemuda/i 18-27 tahun dari berbagai negara yang mencari pengalaman hidup di negara lain untuk belajar bahasa dan kebudayaan asing dengan tinggal di sebuah keluarga dengan membantu menjaga anak-anak mereka (sebagai nanny selama kurang lebih 5 hari kerja sekitar 30-45 jam/minggu dan libur 1,5 hari  dengan timbal balik mendapatkan uang saku (berbeda-beda sesuai ketentuan masing-masing negara), kamar dan toilet pribadi, terkadang disediakan akses internet bahkan kendaraan yang dapat digunakan saat free time dan menjadi bagian dari keluarga tersebut.

Saya pernah mendengar tentang Au Pair pada saat saya les bahasa Prancis di CCf salemba. Sayangnya, saya melupakan informasi penting ini. Padahal Au Pair bisa menjadi jalan alternatif menuju impian saya ( Traveling around the world, esp. Backpacking in Europe).

Namun, sekitar sebulan yang lalu saya menemukan info Au Pair saat browsing tentang info ke Eropa dan memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai Au pair di salah satu situs (non-agency) www.aupair-world.net.

Huff, andai saja saya tahu lebih awal mengenai program au pair (mengingat usia semakin dewasa). Tapi sayang sekali, di Indonesia sendiri kurang memberikan informasi mengenai program tersebut, mungkin juga penduduk Indonesia masih terlalu gengsi atau kurang aware dengan program Au Pair.

Perlu diingat bahwa program Au Pair tidak sama dengan menjadi TKI. Karena prioritas seorang Au Pair adalah belajar bahasa dan kebudayaan negara lain dengan konsekuensi menjaga anak tetapi mendapatkan hak sesuai perjanjian dan pengalaman yang tak ternilai harganya. Tentunya kita harus waspada dan teliti ketika mendapat feedback dari host family, hati-hati bisa jadi malah scams email alias penipuan. Sebaiknya googling dan cari informasi sebanyak mungkin tentang keluarga yang bersedia menjadi Host Family tersebut. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? hehe

Saat ini saya masih menjalin hubungan dengan beberapa keluarga dari beberapa negara, semoga saja dalam waktu dekat saya berhasil mendapatkan keluarga yang ideal.  

Worth to try, huh?!

Bon Courage, alors!!! ^^

5 Comments (+add yours?)

  1. febi
    May 16, 2011 @ 15:41:41

    mba, bisa berkorespondensi? sy pengen cepet2 ke paris. program ini mungkin membantu..

    Reply

    • mytravelicious
      May 16, 2011 @ 16:35:22

      hi Febi,

      wah punya impian yg sama yah kita.. sama2 ingin ke Paris.. hehe
      hmm.. sebenernya saya sendiri belum pernah jadi au pair nih karena satu dan beberapa hal lainnya,
      jadi saya hanya bisa sebatas memberi tahu linknya http://www.aupair-world.net (recomended link). hehe
      Febi coba aja register disana, saran saya buat profile yang menarik tapi jujur.
      Au pair bisa menjadi alternatif untuk sampai ke Paris atau negara mana pun. tapi jangan lupa, seorang au pair tidak sama dgn baby sitter yah.
      Kompensasi yang diberikan akan beragam pd setiap keluarga, jadi saran saya kamu banyak2 baca dulu ketentuan2 menjadi au pair, dan waspadai juga SPAM yg meminta kamu utk jadi au pair mereka. kalo di indonesia ada agen au pair (tapi setau sy hanya ke Jerman). coba deh kamu googling.
      Faktor bahasa juga jadi faktor utama kamu dilirik oleh keluarga yang mencari au pair. setau saya untuk Paris km harus ada sertifikat A2 (relatif).
      Jangan takut untuk membangun komunikasi yang jelas dengan keluarga yang menawari kamu, karena mereka akan jadi keluarga baru kamu nantinya.
      Ditunggu ceritanya kalo km udah berhasil ke Paris yah.. Amen.🙂

      Alors, Viel Gluck cherie.. ^^

      Reply

  2. Nor Ana da Silva
    Oct 17, 2012 @ 21:24:35

    hallo bmk ,saya baru saja baca situs mbk tentang AU PAIR ,dan saat ini saya masih berada di paris dengan visa touris 3 bulan ,dan saya sedang mencari tau bagaimana pengurusan AU PAIR dari indonesia ,mohon infonbya ,mungkin mbk tau pihak mana yg bisa saya hubungin untuk pengurusan AU PAIR dari Indonesia .

    Reply

  3. kartika
    Jan 05, 2013 @ 11:52:16

    Tahun 2013 ini aku mau lulusan dari SMA kak. Aku bingung mau kuliah sambil kerja dsan apa jdi au pair dlu yah? Gimana saran kakak? Danken shoun🙂

    Reply

    • mytravelicious
      Apr 30, 2013 @ 15:51:45

      Hi Tika,

      Kalo emang kamu sudah diterima kuliah disana, saran saya lebih baik kamu kuliah aja.
      Nanti jika kamu lagi liburan kuliahnya, kamu bisa coba cari2 info mengenai au pair. Karena program Au Pair itu biasanya temporary saja, tujuannya lebih kepada berbabur dengan local people dan belajar kebudayaannya.

      Viel Gluck Cherie. ^^

      Reply

Leave a Reply

