Kanonik

Finally,,

Sabtu, 06 Juni 2015 , kami sudah melalui salah satu proses wajib untuk menikah secara katolik yaitu penyelidikan KANONIK.

Seperti apa sih penyelidakan yang dilakukan oleh Romo tersebut? Saya cerita sedikit pengalaman saya ya.

Jadi, proses Kanonik umumnya dilakukan di Paroki asal salah satu mempelai, dalam kasus saya proses ini dilakukan di Gereja Maria Kusuma Karmel oleh Romo Gunawan.
Karena saya merupakan non-katolik, maka saya wajib menghadirkan 2 orang saksi Kanonik (sahabat/ teman terdekat yang bukan keluarga).

Pertama-tama, saksi kanonik akan ditanya hal-hal simple seperti “sudah berapa lama kenal”, “kenal dimana”, dan diminta memberikan pernyataan diatas materai bahwa sang mempelai non-katolik tidak memiliki halangan untuk menikah (dalam artian, belum pernah menikah atau sedang proses cerai, dll).
Setelah itu, saksi diminta keluar dan mulai penyelidikan personal masing-masing bergantian, sampai akhirnya akan dipanggil berdua oleh Romo untuk diselidiki kecocokan jawaban atas pertanyaan, jadi usahakan untuk JUJUR ya.
Pertanyaan yang diajukan macam-macam, dari hal bersifat umum sampai privasi.
Kuncinya hanya satu, yaitu kejujuran dan kembali lagi ke pribadi masing-masing sudah cukup terbuka dan saling mengenal kebaikan dan keburukan satu sama lain atau belum. Kalau belum, coba kenalan lagi deh. hahaha
Bagi mempelai yang agak temperamental seperti saya, siapin mental aja biar ga kepancing emosi sama pertanyaan-pertanyaannya yang seakan “menjebak/ memancing emosi”.
Mungkin saja, Romo hanya ingin menguji mental dan kedewasaan kita apakah sudah siap jika dihadapkan dengan konflik. Stay positive!🙂

Well, take a deep breath and enjoy the process!

– Namaste –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: